1. Buy Market Share
Menjual
lebih banyak dari produk yang sama atau jasa kepada target pasar Anda
saat ini disebut “Buy market share” untuk tujuan baik. Untuk menjual
lebih banyak produk kepada orang-orang yang sama, Anda perlu membeli
customer dari pesaing Anda. Pilihan ini bisa menjadi mahal. Pilihan Ini
mungkin mengharuskan Anda untuk menurunkan harga produk, menawarkan
ketiga hal, Q, S, dan P (Quality, Service, Price). Atau Anda mungkin
perlu mencurahkan sumber daya untuk iklan atau promosi yang bisa
mendorong lebih banyak orang untuk meninggalkan kesetiaan terhadap
produk mereka saat ini dan mencoba merek Anda.
2. Hunt
Menjual
lebih banyak produk atau jasa ke pasar yang berbeda juga dapat menjadi
pilihan yang mahal. Setiap kali Anda berburu pelanggan baru, Anda perlu
menciptakan kesadaran dan kredibilitas perusahaan dan produk Anda di
pasar baru.
Jika Anda
adalah sedang ymenawarkan jasa Anda di wilayah barat tetapi ingin mulai
menjual di wilayah timur, anda harus memperkenalkan produk anda ke
wilayah timur, apa yang Anda perjuangkan, dan fitur dan manfaat dari
produk Anda. Anda harus mendidik mereka tentang berbagai alasan mengapa
pelanggan sangat cerdas bahwa mereka telah membuat merek terkemuka di
wilayah barat.
3. Farm
Ini adalah
strategi paling mudah dan hemat biaya. Sementara berburu pelanggan baru
penting untuk mempertahankan penjualan yang sehat dalam jangka panjang,
mengelola pelanggan Anda lebih efisien.
Statistik
menunjukkan bahwa biaya penjualan ke pelanggan baru lebih dari dua belas
kali lebih mahal dibandingkan menjual ke pelanggan saat ini. pelanggan
sudah tahu anda. Anda tidak perlu untuk menciptakan kesadaran dan
kredibilitas kepada mereka. Mereka sudah mempercayai Anda. Ada banyak
cara untuk memanen penjualan dari pelanggan yang sudah ada:
• Rotation farming
• Suggestive selling
• Selling accessories
• Incentive selling
• Trading up
Rotation farming
menjual
kepada pelanggan yang membeli secara berkala, di regular interval.
Misalnya, penjual bunga dapat menghubungi pelanggan dan meminta hari
peringatan pernikahan mereka dan ulang tahun pasangan. Menyimpan tanggal
dalam database dan
Melakukan
evaluasi secara periodik. Kemudian, jangka yang diperkirakan cukup
menghubungi customer tesebut untuk menawarkan bunga.
Suggestive selling
merupakan
cara melakukan penjualan yang temudah. disebut You-Want-Fries-
With-That-Order? strategy. Pelanggan Anda sudah memiliki kemauan untuk
membeli. Anda hanya menyarankan mereka untuk menghabiskan sedikit ekstra
untuk meningkatkan kualitas pembelian mereka.
Selling accessories
Jika Anda
menjual meja, sarankan kursi yang cocok atau lampu lantai. Jika
pelanggan membeli mesin gizmo, sarankan dia membeli alat khusus pelumas
mesin untuk membuatnya bekerja lebih baik.
Incentive selling
Hadiah
gratis, premi, dan diskon semua efektif sebagai cara untuk membangun
lebih banyak penjualan dari basis pelanggan Anda. Misalnya, membeli
kosmetik baru dan mendapatkan tas tote gratis. Atau membeli satu
hamburger dan mendapatkan
Trading up
Tahun lalu,
pelanggan Anda membeli model standar. Tahun ini, dia menjual model
deluxe. Dan jual kepada mereka garansi yang lebih lama
4. New Product
Produk baru
mutlak diperlukan untuk kesehatan perusahaan Anda. Mereka menggantikan
produk Anda yang menurun, mereka memberikan pendapatan segar dari baru
pasar, dan mereka memposisikan perusahaan Anda sebagai inovator dalam
industri. Tapi mereka dapat berisiko. Statistik menunjukkan lebih dari
10.000 produk baru diperkenalkan setiap tahun. Mayoritas gagal pada
tahun pertama, lebih dari 80 persen pada tahun ketiga.
5. Merge atau Akuisisi
Sebuah
merger atau akuisisi dapat menawarkan banyak kesempatan untuk
meningkatkan profitabilitas anda. Dengan merger atau mengakuisisi
perusahaan lain, Anda benar-benar dapat melakukan semua strategi lainnya
sekaligus. Mengakuisisi pesaing mungkin memang mendapatkan Anda pangsa
pasar, menjual lebih dari hal yang sama kepada orang yang sama.
Akuisisi
akan memperluas pasar Anda, menjual lebih dari hal-hal yang sama untuk
orang yang berbeda. Atau bisa menjadi kesempatan untuk menjual produk
yang berbeda kepada pelanggan yang ada.
Itulah 5
strategi secara singkat, buy market share, hunt, farm, new product dan
merge or acquire. Tanpa strategi tersebut perusahaan anda seperti kapal
tanpa angin yang menggerakkan layar. Dengan strategi tersebut, anda bisa
melakukan pengembangan bisnis.
Sumber : www.stellamaris.co.id
Tidak ada komentar:
Posting Komentar