Sabtu, 05 Oktober 2013

HUBUNGAN MUTU DENGAN PELANGGAN


 Terdapat hubugan yang erat antara mutu produk dan pelayanan, kepuasan pelanggan, dan profitabilitas perusahaan. Semakin tinggi level mutu menyebabkan semakin tingginya kepuasan pelanggan, yang juga mendukung harga yang lebih tinggi.
American Society for Quality Control mendefinisikan mutu sebagai keseluruhan fitur dan sifat produk atau pelayanan yang berpengaruh pada kemampuannya untuk memuaskan kebutuhan yang dinyatakan atau tersirat.
Di perusahaan yang mengutamakan mutu, para menajer pemasaran mempunyai dua tanggung-jawab. Pertama, mereka harus berpartisipasi guna merumuskan strategi dan kebijakan yang dirancang untuk membantu perusahaan supaya unggul dalam persaingan melalui kehebatan mutu total. Kedua, mereka harus memberikan mutu pemasaran selain mutu produksi. Tiap-tiap kegiatan pemasaran-penelitian pemasaran, pelatihan penjualan, periklanan, pelayanan pelanggan, dan sebagainya- harus dilaksanakan dengan standar yang tinggi.
Perusahaan–perusahaan masa kini tidak mempunyai pilihan selain melakukan program manajemen mutu total jika mereka ingin mempertahankan solvabilitas dan profitabilitasnya. Mutu total adalah kunci untuk penciptaan nilai dan kepuasan pelanggan.
Ada beberapa negara atau kelompok negara yang memberikan penghargaan kepada perusahaan-perusahaan yang berhasil menciptakan atau menghasilkan produk dan jasa dengan mutu terbaik. Seperti: Penghargaan Deming di Jepang, Di USA ada Malcolm Baldrige National Quality Award dan di Eropa ada European Quality  Award,lembaga yang berhak mengeluarkan sertifikasi ISO 9000.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar